ANTIBIOTIK UNTUK PENGOBATAN

Selasa, 17 Mei 2011


ANTIBIOTIK UNTUK PENGOBATAN
Antibiotik adalah senyawa alami maupun sintetik yang mempunyai efek menekan atau menghentikan proses biokimia dalam organisme, khususnya dalam proses infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotik dapat memutuskan mata rantai bakteri yang berkembang di tubuh seseorang tanpa menyakiti orang tersebut. Namun, antibiotik hanya efektif menangani infeksi akibat bakteri dan bukan virus atau jamur.
Setiap antibiotik memiliki tingkat efektifitas beragam. Untuk kasus ringan, seperti sakit gigi, antibiotik oral lebih mudah digunakan. Namun, untuk kasus yang lebih serius, seperti infeksi saluran pencernaan, antibiotik intravena (melalui infus) akan lebih manjur.
Karena antibiotik umumnya bekerja spesifik pada suatu proses, perubahan fisik dan genetik bakteri memungkinkan munculnya strain bakteri yang KEBAL terhadap antibiotik. Itulah sebabnya, antibiotik sebaiknya digunakan dalam dosis yang segera mematikan bakteri sehingga mutasi tidak sempat terjadi. Penggunaan antibiotik yang tidak tuntas akan membuka peluang munculnya tipe bakteri yang kebal terhadap antibiotik.

1 komentar:

Agus Indra mengatakan...

slam knal,.,. dtunggu knjungannya n follow nya
di
http://craftmanik.blogspot.com