Zink

Selasa, 17 Mei 2011


1.     Zinc/Seng
Seng adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan dikelompokkan dalam golongan trace mineral. Namun bagi manusia, arti penting zat seng sebenarnya baru terungkap pada tahun 1956. Fungsi seng terbilang sangat vital bagi kelangsungan hidup sel-sel tubuh manusia. Salah satunya sebagai zat perantara bagi lebih 70 macam enzim dan protein yang ada di tubuh manusia. Enzim sendiri berperan dalam metabolisme seluruh sel-sel ditubuh manusia, maka jika enzim-enzim tidak terbentuk sempurna, fungsi sel tubuh akan terganggu. Selain itu, seng berperan pula dalam proses pembentukan genetik, yaitu pada DNA.
      Seng dapat mudah ditemukan pada berbagai jenis makanan yang kaya akan kandungan protein seperti daging, kacang-kacangan dan polong polongan. Asupan seng yang dibutuhkan tubuh manusia sebenarnya sangat sedikit, namun ternyata penyerapan seng oleh tubuh pun sangatlah kecil. Dari sekitar 4-14 mg/hari jumlah seng yang dianjurkan untuk dikonsumsi, hanya sekitar 10-40% saja yang dapat diserap.
            Sumber paling baik adalah sumber protein hewani, terutama daging, hati, kerang, biji-bijian(lengkap), serealia, leguminosa dan telur.
Ø Fungsi
Zn memegang peranan esensial dalam banyak fungsi tubuh, yaitu :
1.       Sebagai bagian dari enzim atau sebagai kofaktor pads kegiatan lebih dari 200 enzim.
2.       Berperan dalam berbagai aspek metabolisme seperti reaksi yang berkaitan dengan sintesis dan degradasi karbohidrat, protein, lipida, dan asam nukleat.
3.       Berperan dalam pemeliharaan keseimbangan asam basa.
4.       Sebagai bagian integral enzim DNA polymerase dan RNA polymerase yang diperlukan dalam sintesis DNA dan RNA.
5.       Berperan dalam pembentukan kulit, metabolisme jaringan ikat dan penyembuhan luka.
6.       Berperan dalam pengembangan fungsi reproduksi laki-laki dan pembentukan sperma.
7.       Berperan dalam kekebalan yaitu, dalam sel T dan pembentukan antibody oleh sel B.
Ø Dampak
§  Kelebihan
1.      Kelebihan Zn hinggga 2 sampai 3 kali menurunkan absorpsi tembaga.
2.      Kelebihan sampai 10 kali mempengaruhi metabolism kolesterol, mengubah nilai lipoprotein dan tampaknya dapat mempercepat timbulnya aterosklerosis.
3.      Kelebihan sampai sebanyak 2 gram atau lebih dapat menyebabkan muntah, diare, demam, kelelahan, anemia, dan gangguan reproduksi.
§  Kekurangan
1.      Akibat kekurangan seng pertumbuhan badan tidak sempurna (kerdil).
2.      Gangguan dan keterlambatan pertumbuhan kematangan seksual. misalnya, pencernaan terganggu, gangguan fungsi pangkreas, gangguan pembentukan kilomikron dan kerusakan permukaan saluran cerna.
3.      Kekurangan Zn  menganggu pusat system saraf dan ungsi otak.
4.      Kekurangan Zn menganggu metabolisme dalam hal kekurangan vitamin A, gangguan kelenjar tiroid, gangguan nafsu makan serta memperlambat penyembuhan luka.
5.      Tidak ada selera atau nafsu makan.
6.      Kelelahan yang hebat
7.      Kerontokan pada rambut
8.      Ketidak normalan pada kemampuan mengecap rasa dan mencium bau
9.      Kesulitan dalam melihat dikegelapan
10.   Menurunnya produksi hormon pada pria (infertilitas)


0 komentar: