Fungsi Vitamin

Kamis, 23 Februari 2012


Kekurangan Vitamin D Memicu Penyakit Jantung



Amerika Serikat (4 Des.'08). Kurangnya asupan vitamin D ternyata dapat menjadi pemicu penyakit jantung. Hal ini disimpulkan pada suatu penelitian yang diterbitkan oleh jurnal American Journal of Cardiology, sedangkan jurnal lainnya, yakni Journal of The American College of Cardiology menerbitkan isu tentang kaitan antara kekurangan vitamin D dengan penyakit jantung dan resistensi insulin.
Pada penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Cardiology, Dae Hyun Kim MD dan rekan-rekannya dari Jefferson Medical College di Philadelphia, menganalisis data serum 25-hidroksivitamin D dan penyakit jantung pada 8.351 pasien. Mereka menemukan bahwa tingkat kejadian kekurangan vitamin D (kadar kurang dari 30 ng/mL) pada kelompok pasien tersebut adalah 74%. Semakin rendah kadar vitamin D, terdapat peningkatan frekuensi penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, serta penyakit arteri perifer.
Sedangkan pada penelitian yang diterbitkan oleh Journal of The American College of Cardiology, John H Lee MD dari Mid America Heart Institute dan University of Missouri di Kansas City beserta rekan-rekannya juga menemukan bahwa kurangnya kadar serum vitamin D berkaitan erat dengan tingginya risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Kekurangan vitamin D dapat mengaktifkan sistem renin-angiotensin-aldosteron. Juga, kekurangan vitamin D dapat mengaktifkan hormon paratiroid, yang menyebabkan resistensi insulin. Hal ini menjadi penyebab diabetes, hipertensi, dan inflamasi.


0 komentar: