sebab rambut rontok

Kamis, 23 Februari 2012


Penyebab Rambut rontok
  1. Hindari mewarnai, meluruskan, dan mengkriting rambut Anda atau penataan rambut yang terus-menerus dan berkelanjutan. Karena ada materi zat kimianya yang membuat rambut anda rapuh.
  2. Biarkan rambut kering secara alamiah, tanpa pengering. Terlalu sering menggunakan pengering rambut bisa  menyebabkan rambut anda rapuh. Usahakan tidak menyisir rambut saat masih basah.
  3. Jika rambut tipis sebaiknya rambut dipotong. Rambut pendek dapat membuatnya tampak lebih tebal. Beberapa pria mencukur sekalian agar mundurnya garis rambut tak terlihat.
  4. Usahakan untuk sehari-harinya tidak menggunakan topi terus menerus kecuali perlu mengenakan helm pengaman di tempat kerja.
  5. Diet yang keras dapat berkontribusi dalam kerontokan rambut anda, sehingga dalam diet Anda pastikan tetap banyak mengkonsumsi protein dan zat besi.
  6. Protein penting untuk pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh, termasuk rambut. Pastikan bahwa seperenam total pemasukan kalori dan makanan seperti daging, ikan, keju, dan kacang. Zat besi juga menyehatkan rambut, banyak mengkonsumsi sereal, kacang polong, ikan, unggas, daging, dan sayuran hijau bagus untuk kesehatan rambut.
  7. Jika Anda di tahap awal kerontokan rambut akibat keturunan, Anda dapat mencoba larutan yang mengandung minoxidil yang dapat mengembalikan kesuburan rambut anda. Larutan minoxidil dapat memperlambat atau mencegah kerontokan rambut secara permanen untuk lelaki dan wanita. Pengobatan ini diberikan dua kali sehari dan perlu terus menerus karena efeknya berkurang setelah dihentikan. Sebaiknya disertai konsultasi dokter dalam penggunaannya.
  8. Segera hubungi dokter jika kerontokan rambut hebat atau di satu bagian dalam minggu-minggu terakhir dan kerontokan rambut akibat obat atau penyakit.