Makanan Untuk Otak

Kamis, 09 Februari 2012

Makanan Untuk Maksimalkan Kecerdasan Otak

Camar Online - Artikel 
 
Biji gandum. Otak memerlukan pasokan glukosa yang tetap, ternyata pasokan tersebut dimiliki oleh biji gandum. Selain itu, serat biji gandum membantu mengatur pelepasan glukosa ke dalam tubuh. (foto: Google)
Otak membutuhkan makanan berenergi. Organ dengan berat sekitar dua persen dari total bobot tubuh ini mengonsumsi setidaknya 20 persen kebutuhan kalori tubuh.
Makanan mengandung glukosa tinggi seperti karbohidrat cukup memberi energi pada otak. Glukosa dibutuhkan terutama pada bagian otak depan (frontal cortex).
Leigh Gibson dari Roehampton University yang meneliti kebutuhan nutrisi otak mengatakan, asupan glukosa penting karena otak depan merupakan motor semua perintah dan aktivitas organ. Bagian ini juga sering disebut sebagai CEO-nya otak.
"Jika kadar glukosa Anda turun di bagian otak ini, itu sama seperti Anda yang tidak bernapas," kata Gibson seperti dikutip dari laman Live Science.
Makanan mengandung karbohidrat antara lain buah-buahan, sayuran, dan padi-padian. Saat kekurangan glukosa sangat tidak disarankan meminum banyak minuman soda (pemicu tenaga). Ini akan menjadi kontraksi antara kebutuhan glukosa di otak dan fungsi ke otot.
Menjadi cukup membahayakan ketika kadar glukosa turun dan otot tetap dipicu kerjanya. Kondisi ini bisa mengakibatkan kerusakan sel otot di seluruh tubuh. "Kerusakan juga bisa terjadi termasuk di bagian otak itu sendiri," kata Marc Montminy dari Salk Institute Bidang Ilmu Biologi di California, menambahkan.
Itulah mengapa penting mengatur keseimbangan gizi saat diet rendah kalori. Jangan biarkan otak melemah akibat pembatasan makanan secara berlebihan.
Memiliki anak-anak yang cerdas adalah dambaan setiap orangtua. Anda salah satunya, bukan? Nah, untuk itu, berikanlah putra-putri Anda suplai makanan yang dapat menunjang kebutuhan otak mereka, sekaligus memberikan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan otak mereka sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi otak, daya ingat, dan konsentrasi.
Menurut Bethany Thayer, seorang pakar gizi untuk American Dietetic Assosiation, otak adalah bagian tubuh yang sangat “lapar”, sehingga yang pertama kali menyerap makanan yang kita makan adalah otak. “Makanlahjunk food, maka otakmu akan menderita,” tandasnya.
Berikut ada 10 makanan penunjang otak yang sangat baik untuk putra-putri Anda:
1. Ikan salmon. Ikan salmon atau ikan salem memiliki kandungan lemak tak jenuh (lemak omega-3) yang sangat tinggi. Menurut para pakar gizi, kandungan omega-3 ini sangat baik untuk pertumbuhan otak anak, lebih banyak daripada omega-3 pada ikan tuna. Selain itu, omega-3 ini dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke. Juga dapat membantu pertahanan tubuh dari serangan kanker dan radang sendi. Ikan salmon merupakan ikan yang sangat bergizi dan menjadi sumber protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh putra-putri Anda.
2. Telur. Telur dikenal sebagai sumber protein yang sangat tinggi. Nah, di dalam kuning telur terdapat kolin, yang membantu pengembangan memori. Pada satu buah kuning telur mengandung lebih dari 25 persen kebutuhan kolin setiap hari. Orang dewasa membutuhkan 425 gram kolin per hari, sedangkan anak balita butuh 250 gram per hari. Selain itu, telur juga mengandung anti-oksidan serta lutein yang membantu mencegah gangguan penglihatan akibat penuaan dan katarak. Kadar lutein dalam telur bahkan lebih banyak dibanding pada sayuran berdaun hijau, lho!
3. Selai kacang. “Kacang tanah dan selai kacang merupakan sumber vitamin E yang baik, suatu antioksidan kuat yang melindungi membran saraf. Ditambah dengan kandungan thiamin untuk membantu otak dan sistem saraf,” kata Andrea Giancoli, seorang ahli gizi dari Los Angeles.
4. Biji gandum. Otak memerlukan pasokan glukosa yang tetap, ternyata pasokan tersebut dimiliki oleh biji gandum. Selain itu, serat biji gandum membantu mengatur pelepasan glukosa ke dalam tubuh. Biji gandum juga mengandung fiber, antioksidan seperti Vitamin E dan selenium, zinc, magnesium, dan Vitamin B. Nah, vitamin B dalam gandum juga sangat baik untuk memelihara sistem saraf yang sehat.
5. Oatmeal. Menurut Sarah Krieger, seorang pakar gizi di Florida, oatmeal adalah sereal favorit anak-anak yang sangat baik bagi kesehatan otak dan jantung mereka. Oats memberikan energi yang sangat baik alias bahan bakar untuk otak yang pertama kali dibutuhkan oleh anak-anak di pagi hari. Oat juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh kita dan otak berfungsi pada kapasitas penuh.
6. Buah berry. Buah-buahan dari keluarga “berry”, seperti strawberry, blueberry, blackberry, cranberry, cheri, dll memang memiliki warna, bentuk, dan rasa yang menarik, sehingga banyak disuka anak-anak. Dan khasiat dalam buah-buahan ini pun sangat banyak. Terutama kandungan vitamin C dan antioksidan. Buah berry juga memiliki kandungan lemak omega-3 yang cukup tinggi.
7. Kacang-kacangan. Kalau di atas tadi ada selai kacang-khusus untuk kacang tanah, kini kita membahas kacang-kacangan secara umum. Kacang-kacangan adalah sumber protein, serat, vitamin, dan juga mineral. Nah, konsumsi kacang-kacangan di siang hari, akan membantu anak mempertahankan energi dan kemampuan berpikirnya hingga sore hari.
8. Sayur-sayuran. Berbagai sayuran dengan berbagai warna seperti bayam, tomat, wortel, kangkung, dll sangat baik untuk anak. Merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk menjaga sel-sel otak agar tetap sehat. Selain itu, sayuran juga mengandung kalsium yang cukup banyak dan mengandung mineral lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan.
9. Susu dan yoghurt. Hari gini nggak doyan susu? Hmm…jangan salahkan kalau buah hati Anda kekurangan gizi. Susu dan yoghurt memiliki kandungan protein, vitamin B, vitamin D, kalsium, yang sangat penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan sumber energi bagi otak.
10. Daging. Zat besi pada daging, terutama daging sapi, sangat baik untuk menyerap zat besi. Sebab zat besi penting untuk membantu anak-anak menjaga konsentrasi dan tetap berenergi. Daging sapi juga kaya akan seng (zinc), yang sangat baik untuk daya ingat. (fn/vs/rb) www.suaramedia.com

Sumber : www.poltekkes-pontianak.ac.id

0 komentar: