manfaat Mineral dan Vitamin

Kamis, 09 Februari 2012

  1. Mineral dan Vitamin
Mineral adalah zat kimia dasar di temukan di dalam tanah, kemudian tumbuahan mengambil mineral tersebut dari tanah. Dan binatang akan memeprolelh mineral dari tumbuhan yang dimakanya. Sedangkan manusia memperoleh mineral dari binatang dan tumbuh-tumbuhan yang dimakan.
Mineral penting sekali untuk penghantaran impu;s saraf dan mengatur dengan denut jantung serta kontraksi otot-otot. Selain itu mineral juga mengatur jumlah dan cara penyimpanan ait di dalam tubuh.
Vitamin adalah komponen dari wnzim yang mengatur kecepatan reaksi kimia di dalam tubuh dan hanya berpran pada satu proses pada bahan makanan. Hampir semua makanan mengndung vitamin kecuali gula.
Vitamin bukan merupakan sumber energi langsung dan kebutuhan akan vitamin tudak mengikat secara berarti selama olahraga. Hal ini mengandung pengertuanb bahwa suplemen vitamin ke dalam tubuh dalam jumlah yasng besar tidak meningkatkan prestasi dan memperbesar kekuaran atau daya tahan ataupun dapat mencegah cedera atau masuk angin.
Kebutuhan akan vitamin fan mineral bagi olehragawan memang lebih banyak dari pada buka olehragawan.
Kapasitas penampilan olahragawan sangat di pengaruhi oleh kinerja sama bagi vitamin yang diperlukan yaitu kerja sama dari vitamin-vitamin A, B, C dan E.
Berikut ini informasi tentang vitamn dan sumber mineral yang cukup penting bgi olehragawan.
Vitamin A                     :   berfungsi terhadao jaringan-jaringan pengikat dan metabolisme hormon seks. Untuk kegiatan yang maksimal di butuhkan 3-4 mg/hari.
Vitamin B1 (thiamim)    :   berfungsi untuk daya tahan tubuh dan system saraf, dibutuhkan 6 mg/hari
Vitamin B2                    :   berfungsi dalam metabolisme hidrat arang, lemak dan protein. Dibutuhkan 4 mg/ hari.
Vitamin B3 (Niasin)      :   berfungsi dalasm daya tahan, dibutuhkan 40 mg/hari
Vitamin C                     :   berfungsi dalam semua proses metabolisme dan daya tahan. Pada kegiatan fisik yang memerlukan daya tahan.pada kegiatan fisik yang memerlukasn daya tahan lebih-lebih di daerah panas kebutuhan dapat mencapai 500 mg/hari.
Vitamin E                      :   berfungsi membantu asam amino, mencegah kerusakan otot (distrofi) dan sirkulasi darah pada otot. Kebuthan 10 – 30 mg/ hari
Buah pisang                  :   buah ini sangat istimewa gunanya bgi olahaeragawan. Merupakn sumber kalium, yang berguna bagi daya tahan. Tidak menganfung lemak dan kolesterol. Kaslium merupakan elektrolit sebagai unsur pokok dalalm keringat yang timbu pada saat olahraga. Selain itu poisang juga mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6 dan C juga teiptopan, bahan pembuat serotonin (penghambat hantaran saraf) yang memudkan tidur.
Hanya vitamin D dan K yang tidak mempunyai pengarun terhadap kapasitas penampillan olahragawan.

0 komentar: