Kebutuhan kalori Olahragawan

Kamis, 09 Februari 2012

1.      Kebutuhan kalori
Pada pprinsipnya kebutuhan zat-zat besi bagi olashragawan dan bukan olahragawan adalah sama. Yang berbeda adallah jumlah kalori yang dihasilkan dari zat gizi yang dimakan. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan kegiatan fisik yang dilakukan antara olahragawan dan bukan olahragawan dalam prestasi adalalh keadaan gizinya. Oleh karena itu sangat diperlukan mnenu makanan dari zat gizi yang tepat, baik jumlah dan mutunya. Hal ini dimaksudkan untuko memperoleh kondisi fisik yang sebaik baikny. Disamping keperlun yang menyangkut jumlah dan mutu dari zat bergizi, unsur – unsur lain sep[erti panataan diet secara ppraktis dan teratur serta unsur klasifikasi cabang olkahraga juga perlu diperhitungkan.
Cara menghitung kebutuhan zat gizi.
Dari hasil pembakakran atau oksidasi zat gizi terjadi pada jaringan-jaringan tubuh astau tobong-tobong pembakaran akan dihasilkan panas. Panas yang timbu inilah dijadikan sebagai ukuran mertabolisme energi ini disebtu kalori (calori =Cal). Difinisi : satu calori berarti : banyaknya panas yang dapat dipakai untuk suhu satu liter air, setinggi `1 0C.
Kebutuhan energi dari tubuh kita sehari-hari sebenarnya merupakan jumlah dari kebutuhan energi dari tubuh pada saat basal pmetabilisme dan pada saat aktifitas atau kegiatan tubuh. Untuk energi yang dibutuhkan pada saat asktifitas, jelas tergantung kepada jenis aktifitas apa saja yang dilakuakasn sehari-hari. Untuk  energi yang dibutuhkan pada saat basal metabolisme (basal metabolisme energi) , tergantung kepada jenis kelamin, kondisi tubuh dan umur seseorang.
Untuk menentukan basal metabolisme energi,  yang digunakan untuk basal metabolisme, adalah : jumlah energi yang diperlukan tubuh, pada saat istirahat semppurna, berbaring tiodak bergerak, yang sebeumnya puasa selama 12-24 jasm.
Aslat yang digunakan untuk mengatur jumlah kalori yang dikeuarkan oleh tubuh di sebut kalorimeter. Dengan kalorimeter tersebut dapat di tentukan bahwa : besarnya basal pmetabolisme adallah 1 kasliri per kg. berat badan per jam. Penambahan basal metabolisme ini  memang tidak dapat di tentukoan secara cepat dan teliti, karena adanya bberapa pengaruh  antara lain :
a.           Aktifitas mental
b.          Keasdaan tubuh
c.           Jenis kelamin
d.          Hormon
e.           Tidur
f.           Umur
g.          Haml
h.          Suhu badan
i.            Iklim
j.            Pertumbuhan
k.          Makanan

0 komentar: